Cara Root dan Instal TWRP Samsung J7 Pro J730G

Cara Install TWRP Dan Root Samsung Galaxy J7 Pro J730G Tanpa Menggunakan Komputer - Saat Ini Aplikasi Untuk Melakukan Root Terhadap Smartphone Android Sangat Meningkat Tajam Jika Dibandingkan Dari Tahun-Tahun Sebelumnya. Begitupun Juga Hadirnya Smartphone-Smartphone Android Terbaru Yang Dibekali Atau Dijalankan Oleh Sistem Operasi Atau OS Terbaru Pula. Salah Satu Diantaranya Adalah Android Nougat Versi 7.0.

Untuk Jenis Smartphone Yang Baru-Baru Ini Hadir Kepasaran Dengan Menggunakan Android Nougat, Yang Dalam Pembahasan Kali Ini Adalah Smartphone Samsung Galaxy Tidak Serta Merta Langsung Memiliki Kode Tertentu Untuk Melakukan Root. Butuh Waktu Bagi Para Pengembang Untuk Mengembakan Sebuah Aplikasi Agar Kita Sebagai Penggunanya Bisa Melakukan Rooting.

Sebenarnya Di Luar Sana Ada Banyak Sekali Aplikasi Yang Bisa Kita Gunakan Untuk Melakukan Root Terhadap Samsung Galaxy J7 Pro J730G, Namun Sayangnya Ada Beberapa Aplikasi Yang Masih Belum Mampu Untuk Meroot Perangkat Ini. Namun, Pada Artikel Kali Ini Saya Akan Memberikan 2 Buah Tutorial Sekaligus Kepada Teman-Teman Tentang Bagaimana Cara ROOT Untuk Samsung Galaxy Yang Saya Rasa Bisa Kita Coba Bersama-Sama.

Yang Pertama Dengan Menggunakan Komputer (PC Atau Laptop) Yang Dalam Hal Ini Saya Akan Menggunakan Aplikasi ODIN Sebagai Medianya Dan Untuk Yang Kedua Adalah Root Tanpa PC /Laptop Yakni Dengan Menggunakan Aplikasi Ampuh Yakni Kingroot Apk. Langsung Saja Kita Menuju Ke Tutorialnya.
Cara Install Twrp Samsung J7 Pro J730G
Sebelum Melangkah Ke Proses Pemasangan Twrp, Pertama-Tama Yang Harus Kalian Lakukan Adalah Mempersiapkan Segala Sesuatunya Terlebih Dahulu Serta Mendownload Beberapa Aplikasi Yang Diperlukan.
Bahan-Bahan / Persiapannya:
  1. Sebuah Komputer (Pc)Atau Laptop.
  2. Kabel Data/Usb Yang Original Atau Asli
  3. Download Samsung Usb Driver (Langsung Install Kedalam Komputer Pc/Laptop).
  4. Download Aplikasi Odin3 V3.12.3 (Ekstrak Filenya Ke Dalam Komputer Pc/Laptop).
  5. Download Salah Satu File Twrp Berikut Ini Dan Simpan Filenya Di Dalam Komputer.
  6. Download Dua File Di Bawah Dan Tempatkan Di Dalam Kartu Memori (Sd Card) Ponsel.
Setelah Semua Persiapan Di Atas Sudah Dilakukan, Selanjutnya Mari Kita Menuju Ke Proses Rooting. Ingat, Perhatikan Dengan Teliti Dan Jangan Sampai Ada Yang Terlewatkan.
2. Aktifkan/Enable OEM Lock
Buka Smartphone Kemudian Aktifkan/Enable OEM Lock (OEM Terbuka Kunci) Dan USB Debugging (Mendebug USB). Berikut Caranya :
  1. Pertama, Harus Aktifkan "Mode Pengembang/Developer Options" Terlebih Dahulu. Caranya Buka Pengaturan Kemudian Gulir Ke Bawah, Temukan Dan Buka About Device (Tentang Device/Telepon).
  2. Selanjutnya, Tap Sebanyak 5-7 Kali Pada "Build Number" Hingga Muncul Notifikasi "Mode Pengembang Sudah Aktif" (Atau Notifikasi Sejenisnya).
  3. Setelah Mode Pengembang Sudah Aktif, Selanjutnya Tekan Kembali Hingga Pada Menu Pengaturan. Gulir Ke Bawah Lagi, Temukan Dan Buka "Developer Option/Mode Pengembang".
  4. Lanjutkan Dengan Mencari Tulisan "OEM Lock" Dan "USB Debugging" Kemudian Aktifkan/Enable Kedua-Duanya.
Langkah - Langkah Instal TWRP J7 Pro J730G
  1. Masuk Ke Menu Downloading Mode Dengan Cara Nonaktifkan Smartphone Hingga Off Total
  2. Kemudian Lanjutkan Dengan Menekan Tombol "Power + Home + Volume Bawah" Secara Bersamaan Selama 3-5 Detik Hingga Muncul Tampilan "Downloading Mode". 
  3. Setelah Muncul, Lanjutkan Dengan Menekan Tombol "Volume Atas".
  4. Sambungkan Perangkat Ke Komputer/Laptop Dengan Menggunakan Kabel Data/USB, Kemudian Buka Komputer Dan Jalankan Aplikasi ODIN Dengan Cara Klik Kanan Dan Pilih "Run As Administrator".
  5. Jika Komputer Dan Smartphone Tersambung Dengan Baik, Maka Secara Otomatis Aplikasi ODIN Akan Mendeteksinya Dan Ada Tanda Pada Odin Bawah Tulisan "ID:COM" Yakni Tulisan Seperti Ini "0:(COM:1) Atau 0:(COM:2)" Dan Ada Tulisan <ID:0/003> Added!!
  6. Selanjutnya, Pada Aplikasi Odin, Klik "AP".  Lanjutkan Dengan Mencari File "TWRP 3.1.1 J3 Pro" Kemudian Pilih Open. Jangan Klik "Start" Dahulu, Melainkan Lakukan Beberapa Pengaturan Lainnya, Yaitu Buka Tab "Option" , Kemudian Hilangkan/Jangan Centang Pada "Auto Reboot". Untuk "F. Reset Time" Centangnya JANGAN DIHILANGKAN. Untuk Lebih Jelasnya, Lihat Gambar Berikut Ini. 
    Cara Root dan Instal TWRP Samsung J7 Pro J730G
  7. Setelah Semua Pengaturannya Sudah Sesuai Dengan Gambar Di Atas, Selanjutnya Klik Pada  "START" Dan Tunggu Hingga Prosesnya Selesai.
  8. Jika Proses Instalasi Berhasil, Maka Akan Ada Tulisan "PASS" (Latar Warna Hijau). Pada Tahap Ini, Silahkan Tutup Aplikasi Odin Dan Cabut Kabel USB Yang Menyambungkan Antara Smartphone Dengan PC/Laptop.
    Cara Root Samsung J7 Pro J730G
  9. Untuk Masuk Ke Mode Recovery (TWRP) Pertama Kalinya, Sobat Harus Melakukan Cara Di Bawah Ini. Jika Tidak TWRP Yang Sudah Dipasang Akan Kembali Tergantikan (Direplace) Oleh CWM Bawaan Ponsel Dan Sobat Harus Mengulanginya Dari Awal Lagi.
    • Tekan Dan Tahan Tombol "Home + Vol Bawah + Power" Secara Bersamaan Hingga Ponsel Bergetar.
    • Sesaat Setelah Ada Getaran, Segera Tekan Pindahkan Jari Dari "Volume Bawah" Ke "Volume Atas" (Secepat Mungkin) Dengan Tetap Menahan Tombol "Home + Power".
    Untuk Masuk Ke Mode Recovery Selanjutnya, Caranya Sudah Kembali Normal Yaitu Dengan Menekan Tombol "Home + Vol Atas + Power".
  10. Agar TWRP Samsung J7 Pro Bisa Permanen, Silahkan Lakukan Format Data. Caranya Tap Pada Menu Wipe » Format Data. Selanjutnya Ketik Yes Untuk Mengkonfirmasi Perintah Lalu Tekan Go. Tunggu Hingga Prosesnya Selesai. Selamat.
Proses Rooting Samsung J7 Pro J730G
Di Bawah Ini Ada Beberapa Pilihan Yang Bisa Kalian Coba Untuk Melakukan Root, Diantaranya Tanpa Komputer, Via Odin Dan Flashing Melalui Twrp.

1. Root Melalui TWRP (Supersu)
Pada Tahap Ini, Saya Beranggapan Bahwa Kalian Sudah Memasang TWRP Di Dalam Ponsel Kalian. Untuk Itu, Langsung Saja Kita Menuju Ke Tahap Rootingnya Saja.
Cara Instal TWRP Samsung J7 Pro J730G
  1. Matikan Perangkat Dan Masuk Ke Menu TWRP (Tekan Tombol Home + Power + Vol Atas hingga Terasa Ada Getaran). Tetapi Apabila Anda Masih Berada Pada Menu TWRP, Silahkan Lewati Langkah Ini.
  2. Pilih Menu Install Dan Cari File Supersu-V2.82.Zip.
  3. Sekali Lagi Usap Ke Arah Kanan Pada Swipe To Confirm Flash Dan Tunggu Hingga Prosesnya Selesai.
  4. Tap Tombol Back Dan Pilih Reboot To System Dan Sekali Lagi Silahkan Tunggu Hingga Ponsel Menyala Dengan Sempurna.
  5. Selesai.
Untuk Memastikan Apakah Berhasil Atau Tidak, Silahkan Cari Aplikasi Supersu Di Dalam Smartphone. Jika Ada Berarti Rootnya Berhasil, Jika Tidak Ada Berarti Gagal. Untuk Lebih Memastikannya, Silahkan Download Aplikasi Bernama Root Checker Yang Ada Di Google Play Store.

2. Root Samsung Tanpa Komputer
Satu Hal Yang Perlu Kalian Ketahui, Bahwa Metode Ini Memiliki Tingkat Keberhasilannya Sangat Rendah. Namun, Tidak Ada Salahnya Jika Kalian Mau Mencobanya. Alternatif Yang Bisa Kalian Gunakan Dengan Menggunakan Aplikasi Kingroot. Mengapa Saya Menyarankan Aplikasi Kingroot? Karena Sejauh Ini, Aplikasi Yang Paling Berhasil Melakukan Root Tanpa Pc Adalah Kingroot Dan Saya Juga Sudah Membuktikannya Sendiri.
  1. Unduh Aplikasi KINGROOT.Zip Kemudian Ekstrak Filenya Dan Pasang Ke Dalam Perangkat.
  2. Apabila Terdapat Pesan "Install Blocked" Silahkan Buka Menu Pengaturan » Keamanan » Aktifkan Sumber Tidak Diketahui/ Unknown Source". Apabila Terdapat Pesan "Installation Blocked" Yang Kedua, Silahkan Tap "More Details" Kemudian Pilih "Install Anyway (Unsave)".
  3. Sebelum Menjalankan Kingroot, Perangkat Harus Mendapatkan Sambungan Internet Baik Melalui Koneksi Wi-Fi, Hotspot Ataupun Sambungan Data Seluler. Nah, Mengapa Sambungan Internet Diperlukan? Karena Proses Rooting Akan Dilakukan Secara Online Yang Dalam Hal Ini Melalui Server Kingroot Sendiri. Jadi Tanpa Adanya Sambungan Internet, Proses Rooting Tidak Akan Berhasil.
  4. Jalankan Aplikasi Dan Lanjutkan Dengan Tap/Mengklik "Root" Yang Berada Di Lingkaran Biru Dan Tunggu Hingga Prosesnya Selesai. 
  5. Apabila Proses Rooting Berhasil, Maka Perangkat Secara Otomatis Akan Melakukan Restart. Namun Jika Gagal, Maka Akan Ada Sebuah Pesan Failed.
Sekali Lagi Untuk Mengecek Bahwa Apakah Perangkat Benar-Benar Sudah Root, Maka Silahkan Download Aplikasi Root Checker Yang Ada Di Google Play Store.
Demikian Adalah Cara Root dan install TWRP Samsung J7 Pro J730G Semoga Bermanfaat, Jika Ada Pertanyaan Atau Ada Yang Mau Menambahkan Silahkan Di Kolom Komentar.
Kumpulan Firmware Berbagai Merek

0 Response to "Cara Root dan Instal TWRP Samsung J7 Pro J730G"

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Mengunjungi gudangfirmwere.com
Silahkan Berkomentar sesuai dengan Topik pembahasan