Tips Memilih MicroSD ( SdCard ) Buat Smartphone Kesayangan Anda

Saat anda membeli smartphone, mungkin anda ingin menggunakan smartphone yang membutuhkan storage lebih banyak untuk data-data anda yang bejibun. Dan untuk memenuhi kebutuhan itu, anda bisa memiih untuk mengambil smartphone dengan internal storage yang lebih tinggi atau smartphone dengan dukungan kartu MicroSD.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips mengenai cara memilih kartu sd / sd card untuksmartphone anda.

Opsi smartphone dengan dukungan MicroSD sepertinya lebih dipilih oleh banyak orang karena lebih terjangkau. Setelah anda membeli smartphone dengan dukungan MicroSD, tentunya anda butuh membeli kartu MicroSD tersebut. Namun MicroSD tersedia dengan banyak piihan merek, storage, kecepatan, dan lain lain.

Untuk itu, Mari kita simak cara memiih kartu MicroSD yang cocok untuk smartphone anda.

Kartu SD biasa digunakan untuk memperluas storage sebuah perangkat - mulai dari smartphone, kamera digital, hingga konsol. Namun semakin lama penjualan kartu SD semakin dominan diisi oleh jenis MicroSD.

Apa saja ukuran kartu SD?
Jenis 
Tips Memilih MicroSD ( SdCard ) Buat Smartphone Kesayangan Anda

Kartu SD Standar
  • Jenis: SD (SDSC), SDHC, SDXC, SDIO
  • Ukuran: 32 x 24 x 2.1-1.4mm
Kartu Mini SD
  • Jenis: miniSD, miniSDHC, miniSDIO
  • Ukuran: 21.5 x 20 x 1.4mm
Kartu MicroSD
  • Jenis: microSD, microSDHC, microSDXC
  • Ukuran: 15 x 11 x 1mm
Ukuran kartu SD yang digunakan dalam smartphone adalah MicroSD (kecuali smartphone merek tertentu). Untuk jenisnya:
  1. MicroSD: Ukuran maksimal 2GB, Kecepatan 25MB/s dengan menggunaknan FAT12, FAT16 atau FAT16B
  2. MicroSDHC: Ukuran 4GB hingga 32GB, Kecepatan mulai dari 50MB/s dan biasanya menggunakan FAT32
  3. MicroSDXC: Ukuran 64GB hingga 2TB , Kecepatan mulai dari 50MB/s dan menggunakan exFAT
Jadi jika kamu ingin MicroSD dengan ukuran 16GB atau 32GB, yang harus kamu pilih adalah MicroSD berjenis MicroSDHC atau jika ingin penyimpanan lebih banyak, maka jenis yang kamu ambil adalah MicroSDXC.

Kecepatan
Kecepatan sebuah kartu SD telah dibagi-bagi menjadi 4 kelas dan 7 macam. Kelas kecepatan ini juga diterapkan oleh jenis kartu SD lain.
PANDUAN Memilih MicroSD ( SdCard ) Buat Smartphone Kesayangan Anda
Bisa dilihat diatas, kelas 2 adalah kelas kartu SD dengan kecepatan terrendah dan kelas 10 dengen kecepatan tertinggi. Lalu kartu SD dengan kecepatan lebih dari 10MB/s sudah tidak dihitung dengan cara yang sama lagi. Kelas lain yang telah dibuat untuk mengukurnya adalah kelas UHS (Ultra High Speed) dan kelas video speed.
Ada satu faktor lain yang harus kamu pertimbangkan untuk kartu SD, yaitu kelas Application Performance.

Pada kelas ini, kartu SD diukur dari seberapa cepat kecepatan input outputnya. Uji ini bertujuan untuk menyediakan kartu SD untuk pengguna yang sering melakukan aktivitas di kartu SD sehingga membutuhkan kecepatan read/write secara random.
Cara Memilih Kartu Memory MicroSD ( SdCard )
anda telah mengetahui seluk beluk tentang kartu MicroSD dan perbedaannya. Untuk saya pribadi, kartu SD sebesar 64 GB kelas 10 dengan kelas AP A1 sepertinya cukup untuk data-data di smartphone saya selama 2 tahun. 

Untuk smartphone, sepertinya kebutuhannya tidak jauh beda dengan umumnya. Biasanya kartu SD digunakan untuk menyimpan data data yang jarang untuk digunakan kembali seperti dokumen, file media, dan lain lain. Maka dari itu kecepatannya pun tidak secepat penyimpanan pada umumnya.
Kumpulan Firmware Berbagai Merek

0 Response to "Tips Memilih MicroSD ( SdCard ) Buat Smartphone Kesayangan Anda"

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Mengunjungi gudangfirmwere.com
Silahkan Berkomentar sesuai dengan Topik pembahasan