Mengatasi Lampu LCD Xiaomi Redmi 2 100% Sukses

Pada Postingan Kali Ini Kami Akan Membahas Cara Memperbaiki Xiaomi Redmi 2 Layar Gelap Atau Redup.
Xiaomi Redmi 2 Paling Banyak Saya Jumpai Dengan Penyakit Seperti Ini. Layarnya Redup, Kontrasnya Tidak Bisa Diatur.
Mengatasi Lampu LCD Xiaomi Redmi 2 100% Sukses

Teman2 Bisa Menganalisa Beberapa Komponen Dibawah Ini, Dimana Komponen Tersebut Jalur Dari Lampu LCD Redmi 2.

Nah, Langsung Saja Kami Menceritakan Bagaimana Proses Kami Menganalisa Dan Memecahkan Kasus Redmi 2 Lampu LCD Tidak Menyala.
Kasus Redmi 2 Lampu LCD Tidak Menyala

Saat Kami Memperhatikan Bagian Mesin Di Jalur Lampu LCD, Terlihat Dioda D901 Sudah Gosong Alias Terbakar. Dioda D901 Ini Penting, Tidak Boleh Cuma Remove Tapi Harus Replace Atau Diganti. Jika Kita Memperhatikan Skema, Jika Kita Cuma Membuang Dioda Ini, Maka Tegangan Yang Keluar Dari IC Lampu U901 Tidak Akan Terhubung Ke Bagian Lampu LCD.
IC Lampu U901 Tidak Akan Terhubung Ke Bagian Lampu LCD

Anda Harus Mengganti Dioda Tersebut Dengan Dioda Yang Masih Bagus. Sebelum Melakukan Penggantian, Ukur Dulu Tegangan Yang Keluar Dari IC Lampu, Apakah Ada Tegangannya Atau Tidak Ada Tegangan Sama Sekali.

Cara Ukurnya Bagaimana? Siapkan Multitester, Taruh Di DCV 50. Hidupkan HP Dengan Baterai Atau Power Supply. Probe Hitam Di Ground, Lalu Ukur Tegangan Di Salah Kedua Kaki Dioda. Seharusnya Ada Tegangan Di Kaki Dioda Yang Berada Di Sisi Kiri (Dekat Koil)

Pada Kasus Yang Sedang Kami Tangani, Saat Dilakukan Pengukuran, Hanya Ada Tegangan Kecil Beberapa Volt Saja. Tegangan Drop Dan Tidak Cukup Untuk Menyalakan Lampu.

Apa Yang Membuat Tegangan Di Dioda Drop? 
Kita Mundur Satu Komponen (Lihat Skema Lagi), Maka Kami  Mencurigai IC Driver Lampu Yaitu IC U901

Langsung Saja Kami Mengganti Kedua Komponen Tersebut. Kami Mengambil IC Dan Dioda Dari Bangkai Mesin Oppo R831K. Yang Ga Punya IC Dan Dioda, Silakan Cari Di Mesin-Mesin Bekas Ya

Perlu Diingat, Pemasangan IC Dan Dioda TIDAK BOLEH TERBALIK, Harus Benar Posisinya..Makanya Diteliti Dulu Posisi Sebelum Pencabutan Dan Pemasangan. Salah Pasang Dioda Akan Menyebabkan Konslet Atau Short, HP Tidak Akan Menyala. Salah Pasang IC Maka Tegangan Lampu Tetap Tidak Akan Keluar.

Pokoknya Jangan Sampai Salah Pasang Ya, Makin Pusing Ntar Analisanya. Udah Diganti Kok Sama Saja.... 

Ternyata Pemasangannnya Salah. Pemasangan IC Driver Dan Dioda Yang Salah Akan Menyebabkan Analisa Berikutnya Menjadi Salah Juga. Makanya Berhati-Hati Melakukan Pemasangan Komponen.

Setelah Selesai Pemasangan Kedua Komponen, Lakukan Lagi Pengukuran Tegangan Keluaran IC Di Kaki Dioda. Kali Ini, Di HP Yang Sedang Kami Tangani, Tegangan Sudah Keluar Sekitar 27 Volt.

Kami Langsung Pasang Kembali Mesinnya, Menghubungkan Flexibel LCD Dan Layar Sentuh, Memasang Tulang Belakang, Memasukkan Baterai Dan Menekan Tombol Power. Grrtt...Bunyi Getar Tanda Redmi 2 Menyala, Namun LAMPU MASIH BELUM MENYALA.

Kami Mencabut Baterai, Membongkar Tulang Belakang, Memasang Baterai Lagi Tanpa Tulang Belakang Lalu Menekan Tombol Power Lagi. Tujuan Dihidupkan Tanpa Tulang Belakang Adalah Agar Kami Bisa Check Komponennya Dengan Cara Diraba

Benaran Ternyata, Saat Dinyalakan Dan Diraba, Terasa Ada Komponen Yang Panas Di Bagian Driver Lampu LCD. Lebih Teliti Lagi Test Raba Dengan Tangan, Kami Mendapati Komponen KAPASITOR C938 Yang Panas. Kami Copot Kapasitor Ini Lalu Diukur Dengan Multitester, Hasilnya

Mari Kita Lihat Lagi Skema Redmi 2, Fungsi Kapasitor Disini Pada Bagian Driver Lampu Adalah Sebagai Filter Arus Tegangan Ke Lampu Lcd Supaya Lebih Stabil Jika Di Atur Redup Atau Terang, Sebenarnya Meskipun Tidak Ada Kapasitor Di Bagian Ini Lampu Lcd Tetap Masih Bisa Nyala Tapi Cendrung Redup Dan Cahayanya Tidak Stabil.

Apa Yang Akan Terjadi Kalau Kita Membuang C938 Tanpa Menggantinya? Mungkin Lampu LCD Akan Menyala Tetapi Redup Atau Berkedip-Kedip.

Jadi, Sebaiknya Kita Mengganti Komponen Kapasitor C938 Ini. Kali Ini, Kami Mengambil Kapasitor Dari Mesin Bekas Tab Advan E1C, Ambil Kapasitor Yang Di Bagian IC Driver Lampu Juga

Setelah Penggantian Kapasitor C938, Dilakukan Test Raba Lagi Saat Redmi 2 Dinyalakan. Raba Sana Raba Sini..Tidak Ada Yang Panas, Cuma Hangat Dikit. Masih Wajar... Namun, Lampu LCD Tetap Belum Menyala,

Dioda D901 Sudah Diganti, Begitu Juga IC Lampu U901 Dan Kapasitor C938 Sudah Diganti. Tegangan Keluaran Juga Sudah Ada, Tetapi Kenapa Belum OK Juga. Check Kapasitor C922 Dan C939 Masih Bagus Keduanya.

Kami Sempat Melihat Di Skema Kalau Tegangan Lampu Redmi 2 Itu 50Volt. Kok Gede Amat?? Biasanya Tegangan 27 Volt Sudah Cukup Membuat Lampu LCD Menyala... Hm....Apa Yang Salah?

Kami Langsung Menghidupkan Blower, Mengganti Koil L901 Dengan Koil Cabutan Dari Mesin Bekas Oppo R831K. Tapi Kok Fisiknya Lebih Kecil Dikit Ya.. Kami Akhirnya Menggantinya Dengan Koil Cabutan Dari Mesin Tab Advan.

Test... Dan Akhirnya LAMPU LCD MENYALA, Sekian Pembahasan Kali Ini, Semoga Bermanfaat.


other interesting articles

0 Response to "Mengatasi Lampu LCD Xiaomi Redmi 2 100% Sukses"

Post a Comment

Terimakasih Sudah Mengunjungi gudangfirmwere.com
Silahkan Berkomentar sesuai dengan Topik pembahasan