Cara Ampuh Atasi HP Restart / Mati Sendiri

 Apa Solusi dari permasalah HP Android Restart Sendiri?

Setiap orang tentunya memiliki masalah yang berbeda – beda, apa yang saya alami mungkin belum tentu sama dengan apa yang anda alami. Faktor dari software juga bisa menjadi penyebab smartphone android mengalami restart tiba-tiba. Untuk mengetahui penyebab dan solusinya, anda bisa simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Penyebab HP Android Restart / Mati Sendiri

  1. Terlalu Banyak File Sampah yang Menumpuk
    Setiap anda membuka dan menjalankan aplikasi tentunya akan memproduksi file sampah atau file cache secara terus – menerus. Dan apabila file tersebut terus menumpuk dan tidak pernah dibersihkan maka dapat menyebabkan ponsel android terasa berat dan sering terjadi error, dan pada akhirnya restart dengan sendirinya.

  2. Terjadi Kerusakan Pada Aplikasi
    Apabila ada aplikasi yang error, muncul pesan error, force close maka hal tersebut bisa kemungkinan smartphone android anda restart dengan sendirinya.  File aplikasi yang tidak lengkap, rusak, atau tidak compatible membuat sistem android sering error.

  3. Sistem Android Error
    Jika sistem android mengalami kerusakan karena hal tertentu, mungkin secara tidak sengaja anda menghapus file sistem maka secara tidak langsung hal tersebut membuat sistem android terjadi error.

  4. Sistem Android Telah di Root
    Root memang terlihat sangat baik untuk pengguna, tapi sebenarnya root tidak baik untuk smartphone itu sendiri. Dengan root pengguna bisa mengakses sistem yang sebelumnya tidak bisa diakses dan pengguna bisa memasang game berat yang sebelumnya tidak bisa dipasang. Tapi terkadang root dibeberapa kasus dapat membuat file sistem error, mungkin saja terjadi crash pada file tertentu dan mengakibatkan Android mati sendiri.

  5. Game (Beta)
    Game versi beta atau versi coba-coba bisa menyebabkan HP Android mengalami Restart dengan sendiri. Mungkin game yang anda pasang Kurang lengkap atau mungkin game yang anda pasang tidak kompatibel dengan sistem sehingga menyebabkan terjadinya error berturut – turut dan alhasil restart dengan sendirinya.

  6. Crash Software
    Aplikasi yang bertabrakan biasanya terjadi pada 2 antivirus atau game android. File yang bertabrakan mungkin disebabkan karena update yang belum selesai sehingga membuat file campur aduk dan sering mengalami error. Dan tidak menutup kemungkinan juga terjadi restart.

Mengatasi HP Android Sering Restart

Dari penyebab di atas tentunya anda bisa berfikir mengenai permasalah pada smartphone android anda. Untuk mengatasinya, anda bisa simak tips beberapa tipsnya berikut ini.

1.Bersihkan Cache Android
Apabila anda tidak pernah menghapus file cache atau sampah maka sebaiknya lakukan penghapusan agar nantinya smartphone anda tidak terasa berat dan lemot.

Tidak perlu bingung, menghapus file cache sangatlah mudah. Dengan menginstall aplikasi Cleaner maka semua file cache bisa anda hapus. Cukup dengan sekali tap maka semua file junk, cache, dan history bisa bersih secara total.
Mengatasi HP Android Sering Restart

Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

2. Reboot Smartphone
Matikan smartphone android anda, lalu cabut baterai, SIM Card, dan SD Card (Micro SD). Diamkan beberapa saat agar tidak ada daya yang masuk ke smartphone. Pasang dan nyalakan kembali android anda.

3. Hapus Game
Hapus game yang memberatkan smartphone android anda. Atau jika anda menginstall game versi beta atau versi yang kurang compatible dengan OS Android anda maka sebaiknya hapus saja. Tujuannya agar smartphone tidak sering terjadi error, rusak, atupun restart sendiri.

4. Pasang Antivirus
Gunakan Antivirus yang handal untuk menghapus dan mencegah virus agar tidak bisa merusak sistem android anda. Antivirus terbaik yang sering digunakan oleh para pengguna android yakni AVG, CM Security, AVAST Mobile Security, Bitdefender Antivirus Free, dan antivirus – antivirus lainnya. Pilih salah satu diantara antivirus yang saya sebutkan tersebut. Unduh dan pasang antivirus melalui Google Play Store.

5. Hapus Aplikasi yang Tidak Compatible
Mungkin anda merasa kesulitan membedakan mana aplikasi yang tidak compatible. Sederhana saja, jika ada aplikasi tertentu yang sedang mengalami error atau sering muncul pesan error seperti force close maka tandanya aplikasi tersebut tidak compatible.

Mungkin karena OS Android anda atau mungkin karena aplikasi tersebut memang tidak compatible dengan OS Android anda. Untuk menghapusnya, anda bisa masuk pada menu Pengaturan » Aplikasi » Semua, lalu cari dan tap aplikasi yang anda ingin hapus. Tap “Copot Pemasangan” untuk menghapus / Uninstall aplikasi.
cara Mengatasi HP Android Sering Restart

Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

6. Factory Reset
Jika semua cara diatas tidak berhasil, maka ada hanya bisa satu cara terakhir yang dengan mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik. Backup dulu semua data anda agar nantinya bisa anda kembalikan lagi. Masuk pada menu Pengaturan » Backup & Riset » Factory Data Reset, lalu tap “Reset Phone”.
Factory Data Reset

Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

Metode sederhana diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS, Xiaomi, VIVO, Huawei, NOKIA, dan lainnya. Jika ada perbedaan, maka anda bisa menyesuaikannya.

Apabila dengan tips – tips diatas tidak membuahkan hasil sama sekali, maka anda bawa saja ke service center atau tempat service hp yang sudah berpengalaman, Mungkin saja android anda mengalami kerusakan pada bagian hardware. Di tempat tersebut nanti akan ada bantuan yang lebih baik
Kumpulan Firmware Berbagai Merek

0 Response to "Cara Ampuh Atasi HP Restart / Mati Sendiri"

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Mengunjungi gudangfirmwere.com
Silahkan Berkomentar sesuai dengan Topik pembahasan