3 Cara Mengatasi “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat” di Android

Sebagai pengguna andorid biasanya sebagian besar pengguna sangat sering mengalami Kesalahan Tak Cukup Ruang Pada Perangkat saat gagal mendownload aplikasi di google play store bukan ? Padahal memori internal masih tidak sedikit ?

Persoalan ini sering terjadi pada perangkat android yang mempunyai kapasitas memori yang tidak besar, tidak terkecuali juga pada Hp Samsung, Oppo, Sony Xperia, Smartfren Andromax, Lenovo, Asus Zenfone, Xiaomi, dan merk lainnya.

Tentunya disaat seperti akan membuat kita sebagai user akan merasa jengkel. Udah ngebet banget kepengin install aplikasi tersebut, eh memori penyimpanan tidak cukup. Sebenarnya permasalahan ini muncul bukan berarti tanpa sebab. Justru yang sering menjadi penyebab masalah ini muncul sebenarnya adalah user itu sendiri.

Penyebab Kesalahan Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Android

  1. Terlalu tidak sedikit menginstall Aplikasi - Perihal ini sering dilakukan oleh kalian terutama anak-anak untuk mendownload game maupun program aplikasi lainnya di Google Play Store sehingga membuat memori internal penuh.
  2. Cache File Menumpuk - Cache adalah arsip sementara yang membantu system untuk memuat arsip secara singkat seperti foto di gallery atau penggunaan media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan lain-lain. Cache yang rusak akan membuat banyak terjadinya error dan membuat memakan banyak memori hp.

3 Cara Mengatasi “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat” di Android Saat Install Aplikasi

Nah setelah kalian mengetahui apa yang menjadi penyebab masalah diatas. Maka saatnya kini kalian mengetahui bagaimana cara untuk memcahkan permasalah ini. Baiklah, silahkan sobat simak cara berikut ini baik-baik.

1. Pindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal/MicroSD

Belum tau bagaimana cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal di android? Tenang saja sobat, karena saya akan memberikan caranya untuk sobat-sobat semuanya. Silahkan sobat simak baik-baik cara berikut ini:
3 Cara Mengatasi “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat” di Android
Keterangan Gamar:
  • Pilih Pengaturan (Setting) → Penyimpanan (Storage) yang ada pada tab Umum (General)
  • Scroll kebawah lalu pilih Lokasi Pemasangan yang Disukai (Preffered Install Location) pilih Kartu SD (SD card)
  • Lalu kembali lagi ke menu Pengaturan pilih Kelola Aplikasi (Manage Application)
  • Tap/pilih aplikasi mana yang mau dipindahkan, misalnya aplikasi Cymera lalu pilih Pindah ke SD (Move to SD Card)

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan / Digunakan
Berikut ini adalah salah satu penyebab terbesar yang merupakan banyaknya program maupun game yang didownload dan didiamkan begitu saja. Karena banyak menghabiskan ruang penyimpanan di hp anda, jadi sebaiknya anda hapus saja game terutama yang 3D Berikut ini cara hapus game di hp android :
  • Buka Pengaturan (Setting) → Pilih Kelola Aplikasi (Manage Application), klik nama aplikasi/game yang ingin dihapus, Pilih Copot Pemasangan (Uninstall)
3. Bersihkan Cache / Data Aplikasi
Yang ketiga ini menurut saya adalah cara yang juga cukup ampuh untuk mengatasi permasalahan ini. Cara ini paling ampuh yang patut kamu coba karena cache memang terkadang tanpa disadari telah memakan banyak ruang penyimpanan sehingga membuat memory cepat penuh. Biasanya aplikasi yang banyak memakai cache diantaranya Google Chrome, Opera Mini, Facebook, Line, Instagram, Twitter, dan lainnya.
  • Buka Pengaturan (Setting) → Pilih Kelola Aplikasi (Manage Application)
  • Pada tab Diinstall (Downloaded) pilih aplikasi yang ingin dihapus cachenya, tap Hapus Cache (Clear Cache)
Demikian adalah Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Android. Semoga dapat memberikan manfaat untuk para pembaca sekalian. Jika ada yang mau Menambahkan silahkan isikan di kolom komentar.
Kumpulan Firmware Berbagai Merek

0 Response to "3 Cara Mengatasi “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat” di Android"

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Mengunjungi gudangfirmwere.com
Silahkan Berkomentar sesuai dengan Topik pembahasan