5 Langkah Atasi Memory Penuh di Samsung J2 Prime

Bagaimana ya cara mengatasi Memori internal Samsung J2 Prime yang cepat sekali penuh.? saya pun menjawab " Punya hape dengan ruang penyimpanan sempit seperti Samsung J2 Prime itu berat..

5 Langkah Atasi Memory Penuh di Samsung J2 Prime
Bayangkan saja, dari total 8 GB ruang penyimpanan internal kita hanya kebagian sekitar 3-4 GB saja karena dikurangi System dan aplikasi beserta datanya. Belum lagi, jika anda menyimpan banyak foto dan video, langsung deh muncul pesan memory penuh. Pesan tersebut muncul bukan tanpa menghadirkan masalah.

Yang umum terjadi adalah : aplikasi tutup sendiri, hape menjadi lemot dan pikiran pusing mau beli memori eksternal. Untungnya, semua hal ada solusinya. Termasuk pesan memory penuh pada hape Samsung J2 Prime yang bikin sakit hati.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Memori Internal Galaxy J2 Prime Cepat Penuh Untuk anda semua yang mempunyai smartphone Samsung Galaxy J2 Prime pastinya ada beberapa gejala yang suka timbul dan sangat meresahkan yaitu salah satunya memori internal Smartphone Ini diketahui cepat penuh sehingga ada pun bertanya kenapa hal tersebut bisa begitu penyebabnya apa dan bagaimana cara memperbaikinya.

Harus anda ketahui apabila ada beberapa penyebab kenapa memori internal Galaxy J2 Prime cepat penuh dan juga ada beberapa cara untuk memperbaiki nya yang bisa anda lakukan sendiri tanpa harus membutuhkan jasa service maupun orang lain. Sebelum berbicara penyebab dan cara memperbaiki masalah anda tersebut ada baiknya kita review terkait spesifikasi dari smartphone ini. Galaxy J2 Prime sudah mengusung prosesor MediaTek mt6737t Quad Core dengan kecepatan 1,4 ghz di mana Smartphone Ini mengusung RAM 1,5GB memori internal hanya 8 GB.

Smartphone yang mempunyai luas 5 inci dan resolusi yang lumayan bagus dengan menggunakan teknologi PLS TFT dengan mengusung kamera Utama 8 megapiksel dan kamera selfie 5 megapixel dan baterai berkapasitas 2600 mAh dengan jaringan support 4G LTE dan sistem operasi menggunakan OS Android marshmallow versi 6.

Walaupun Smartphone Ini dijual sekitar Rp1,5 jutaan namun ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh ponsel pabrikan Samsung ini yaitu salah satunya memori cepat penuh Hal ini dikarenakan resolusi memori internal terbilang sangat sedikit, akan sangat penuh.

Berikut adalah 5 tips yang akan menyelesaikan masalah anda tanpa harus beli memori eksternal (Micro SD).

5 Langkah Atasi Memory Penuh di Samsung J2 Prime, Tanpa SD Card

1. Bersihkan Cache dan File Sampah yang memakan ruang penyimpanan anda.
Sampah sistem dihasilkan dari aplikasi yang kita jalankan. Meskipun jumlah yang dihasilkan dalam satu penggunaan tidaklah banyak, namun jika dibiarkan menumpuk akan menimbulkan masalah. Salah satunya adalah Memori Internal hape yang cepat sekali penuh.

Samsung sendiri telah membekali perangkat terbaru seperti J2 Prime dengan utilitas lengkap seperti Smart Manager. Program utilitas ini dapat membersihkan file sampah beserta duplikasi file hanya dengan satu kali klik.

Langkah-langkah membersihkan file sampah J2 Prime :
Hidupkan perangkat Samsung J2 Prime anda
Klik tombol aplikasi untuk menampilkan semua aplikasi yang terpasang
Buka program utilitas smart manager
Pilih menu Storage (penyimpanan)
Scrooll ke bawah lalu tekan tombol “ Delete “ atau “ Bersihkan “.
Lanjut ke langkah berikutnya...!

2. Backup foto dan video ke Harddisk PC atau Google Foto.
Sudah seharusnya sih pengguna hp dengan memori internal rajin-rajin melakukan backup. Cara backupnya bisa menggunakan harddisk PC atau media penyimpanan awan.

Backup menggunakan PC :

  • Instal driver usb Samsung atau Samsung KIES
  • Sambungkan Samsung J2 Prime ke komputer menggunakan kabel data
  • Salin semua file penting anda ke komputer dengan folder khusus
  • Setelah itu hapus file yang ada di memori internal
  • Tetapi ada satu masalah...Pada saat kita ingin melihat / membagikan foto yang telah kita backup di harddisk komputer, kita harus buka komputer dulu lalu menyalin foto tersebut ke hape. Setelah diupload ke facebook misalnya, foto tersebut dihapus lagi.
Untuk itu saya lebih menganjurkan anda untuk membuat cadangan foto dan video secara online melalui sinkronisasi perangkat J2 Prime anda dengan aplikasi Google Foto. Setelah anda menyinkronkan perangkat dengan Google foto, anda bisa menghapus foto-foto lama yang sebelumnya tersimpan di memori.

Jika kelak anda butuh foto tersebut, anda tinggal buka Google foto.

7 Kelebihan Backup Dengan Google Foto

  • Anda tidak perlu upload berkali-kali karena secara otomatis setiap ada foto baru akan diupload di latar belakang dengan notifikasi.
  • File yang telah backup terlihat rapi karena bisa diurutkan dengan tanggal upload, maupun wajah orang yang ada di foto.
  • Proses Backup bisa menggunakan data seluler dan Wi-Fi, tinggal anda atur pada opsi pencadangan.
  • Ukuran storage yang disediakan Google 15 GB dan 100 % gratis.
  • Anda bisa membagi foto dan video dengan mudah ke aplikasi maupun layanan apa saja.
  • Bersifat pribadi dan hanya bisa dibuka oleh perangkat yang terhubung dengan akun yang sama
  • Foto dapat ditampilkan meskipun perangkat sedang offline.
Cara Sync Perangkat Dengan Google Foto
  • Download aplikasi Google Foto lalu Jalankan aplikasinya dengan cara login menggunakan akun Google (Gmail).
  • Pada bagian atas kiri tap menu atau swipe layar ke kanan untuk menampilkan semua menu.
  • Pilih menu setelan -> Backup & Sinkronisasi -> Tap opsi aktifkan dan menonaktifkan Backup & Sinkronisasi.
  • Scroll layar ke bawah dan atur opsi pencadangan, apakah hanya menggunakan Wi-Fi atau Data seluler.
  • Setelah semua foto dan video anda backup, kembali ke halaman utama aplikasi Google Foto.
  • Tampilkan semua menu lalu klik menu kosongkan penyimpanan untuk menghapus semua foto dan video yang telah anda backup.


3. Hapus aplikasi berat dan beralih ke Aplikasi Lite
Aplikasi chatting dan jejaring sosial seperti Line, Twitter, Instagram, Facebook dan Facebook Messenger adalah dua aplikasi yang terkenal boros data, daya, dan ruang penyimpanan.

Solusinya adalah ganti semua aplikasi yang saya sebutkan diatas dan beralih menggunakan aplikasi ringan (Lite). Untungnya semua aplikasi diatas telah memiliki versi lite yang hanya memakan memori sepertiga dari aplikasi standard.

4. Instal Juga Aplikasi Go yang lebih ramah RAM dan memori Internal
Google juga mengembangkan aplikasi Go yang lebih ramah data, daya dan memori.

Beberapa produk aplikasi Go dari Google antara lain :
YouTube Go, Aplikasi pengganti youtube yang punya pilihan kualitas video, dari rendah, sedang dan tinggi. Ukuran file APK hanya 9 MB dan data 25 MB.
Maps Go, Aplikasi pengganti Maps standard yang berjalan menggunakan Browser Google Chrome Android.
Files Go, Aplikasi pengelola dan pembersih sistem dari file sampah serta rutin memberikan tips-tips menghemat ruang penyimpanan.
Google Search Go, Aplikasi pencarian Google yang memudahkan kita surfing internet tanpa browser dengan pemakaian memori dan data rendah.

5. Bersihkan Konten Media Whatsapp dan matikan Fitur Auto Download Content
Secara default aplikasi pesan instan WhatsApp akan mendownload foto dan video yang di kirimkan kepada kita. Fitur auto download ini akan menghabiskan banyak data internet dan memori penyimpanan.

Untuk itu matikan segera fitur ini dengan membuka menu Setelan -> Penggunaan Data dan Penyimpanan -> Unduh Otomatis Media.

Saat menggunakan data seluler hapus centang pada semua jenis file baik itu Foto, Video, Audio dan dokumen. Saat menggunakan Wi-Fi anda atur sendiri sesuai kebutuhan.

Tapi ingat, hapuslah berkas-berkas dari WA secara berkala, bisa menggunakan Google Files Go atau Smart Manager. Kumpulan Firmware Berbagai Merek

0 Response to "5 Langkah Atasi Memory Penuh di Samsung J2 Prime"

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Mengunjungi gudangfirmwere.com
Silahkan Berkomentar sesuai dengan Topik pembahasan