Cara Mengetahui Perbedaan Versi Android

Saat kamu ingin membeli handphone baru, tentu saja kamu mengecek spec yang dimiliki calon handphone yang akan kamu bawa pulang. Mulai dari RAM, memori, OS, kamera, dan mencari keunggulan jejeran handphone yang di sodorkan. Terutama saat kamu memilih untuk menggunakan Android kamu akan menanyakan, “ini OS nya sudah apa?”. Kebanyakan Handphone keluaran terbaru memiliki OS Marhsmallow atau Nougat, tetapi tidak banyak yang mengetahui perbedaan kedua OS tersebut.



Nama-nama versi sistem operasi Android itu unik. Di samping menggunakan nama-nama makanan atau jajanan, juga berurut sesuai abjad A – B – C – D dan seterusnya. Mulai dari android:
  • A = Apple Pie
  • B = Banana Bread
  • C = Cup cake
Dan seterusnya….hingga
  • J = Jelly Bean
  • K= Kitkat
  • L = Lolly Pop
  • M = Marshmallow
  • N = Nougat (terakhir 2016)
Jadi Untuk Tiap simbol huruf tidak dugunakan untuk dua nama Android yang berbeda. Untuk melihat nama dan versi android silahkan lihat Macam-macam versi Android dan fitur-fiturnya.

Sebenarnya kita bisa melihat nama-nama dari versi Android pada smartphone atau tablet kita Sendiri melalui menu pengaturan. Ikuti langkah-langkah berikut.

Cari versi Android, dengan cara:
  • Menu > Settings > di bagian System, klik About
Terlihat di bagian Android version sederet angka, misalnya 4.2.2 atau 4.4.2. Ini adalah versi Android-nya. Kemudian untuk mengetahu atau melihat nama versi android tersebut, ikuti langkah berikutnya.

Melihat versi Android:

  1. Ketuk atau klik bagian tulisan Android version pada gambar di atas beberapa kali dengan agak cepat.
    Cara Mengetahui Perbedaan Versi Android
  2. Kecepatan ketukan ini seperti orang mengetuk pintu yang sedang tergesa-gesa / urgent atau marah minta segera dibukakan pintu, seperti orang kebelet. Jika masih belum muncul, coba lebih cepat lagi…sampai muncul animasi memenuhi layar yang menampilkan nama dari versi Android yang digunakan pada smartphone atau tablet anda.

Hasilnya seperti gambar berikut:
  • Pada tablet: 
    Macam-macam Cara Mengetahui Perbedaan Versi Android
  • Pada smartphone:
    Mengetahui Perbedaan Versi Android
Terlihat Gambar dan nama dan versi Android memenuhi layar tablet dan smartphone. Pada tablet Android Jelly bean, langsung ditampilkan gambar beserta nama dan versinya. Pada smartphone Android Kitkat, didahului oleh animasi huruf K besar yang berputar-putar (yang berarti Kitkat, karena tidak ada nama android lain yang menggunakan huruf K)



Mengenal Jenis-jenis Versi Andoid:

Cupcake
Dalam ulasan mengenai penjelasan perbedaan macam-macam versi android, yang pertama adalah cupcake (1.5) yang dirilis Mei 2009. Dalam versi ini adalah pertama kalinya Google menjadikan nama makanan sebagai nama OS android. Sebagai versi yang sudah lawas, perlu diketahui bahwa versi ini adalah pengembangan dari versi 1.1, perubahan dalam versi ini dinilai cukup banyak, di antaranya adalah pengunggah video ke youtube, aplikasi headset nirkabel, tampilan keyboard di layar, serta tampilan gambar-gambar bergerak yang atraktif, dalam versi ini mulai diperkenalkan widget yang dapat dibesar dan kecilkan ukurannya.

Penjelasan perbedaan macam-macam versi android selanjutnya adalah versi donut (1.6), versi ini dirilis 4 bulan setelah cupcake dilempar ke pasaran. Tentunya versi pembaru dari versi sebelumnya ini memiliki banyak perkembangan di antaranya adalah pada bagian fitur pencariannya yang llebih bersahabat, selain itu juga sudah mendukung untuk jaringan EVDO/ CDMA. Versi ini juga sudah bisa menayangkan indikator baterai pada layar. Ditambah lagi di versi ini kita juga sudah bisa menentukan file-file yang ingin dihapus, zoom in dan zoom out di setiap tampilan gambar juga mulai bisa digunakan.



Kit Kat
Selanjutnya dalam penjelasan perbedaan macam-macam versi android  versi kitkat (4.4). Versi ini dirilis pada 4 September 2014, keunggulan dari versi ini di antaranya adalah resolusi yang dinilai dapat meningkatkan fitur-fitur game berbasis 3D.

Lollipop
Selanjutnya dalam penjelasan perbedaan macam-macam versi android versi lollipop (5.0). Versi ini memfokuskan pada desain dan performa, sehingga lebih nyaman digunakan, ditambah pula kapasitas baterai yang lebih tinggi daripada versi sebelumnya. OS ini dinilai lebih baik apabila digunakan untuk gaming, dan aplikasi-aplikasi yang memerlukan resolusi tinggi.

Gingerbread
Selanjutnya dalam penjelasan perbedaan macam-macam versi android akan dibahas versi gingerbread (2.3). versi ini dirilis 7 bulan setelah versi sebelumnya melejit, dalam versi ini sudah dapat dinikmati layanan video call, secara tampilan OS ini lebih menarik karena sudah menggunakan dual camera, ditambah lagi dalam versi sudah dapat dinikamti layanan games berbasis mobile android. Terjadi banyak peningkatan dibandingkan versi sebelumnya, versi ini drirancang untuk meningkatkan kualitas game dan aplikasi yang lebih mumpuni. Terdapat beberapa versi update di antaranya adalah versi 2.3.3 dan versi 2.3.7. Versi ini memiliki pengguna yang sangat banyak dibanding versi OS lainnya.

Honeycomb
Selanjutnya dalam penjelasan perbedaan macam-macam versi android akan dibahas versi honeycomb (3.0) versi ini dilepas ke pasara, smartphone pertama kali yang menggunakan adalah Motorola Xoom. Versi ini didesain untuk penggunaan tablet yang mulai naik daun. Halaman pengguna yang digunakan dalam versi ini sangat berbeda dari smartphone lainnya. Keunggulan dari versi ini adalah hardware semakin besar, sehingga tablet semakin nyaman ditangan pengguna.

Demikian adalah cara mengetahui Versi Android dan Mengenal nama nama dan tingkatan pada versi android,semoga bermanfaat.
Kumpulan Firmware Berbagai Merek

0 Response to "Cara Mengetahui Perbedaan Versi Android"

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Mengunjungi gudangfirmwere.com
Silahkan Berkomentar sesuai dengan Topik pembahasan